Rabu, 04 Desember 2013

Pandangan Agama Di Indonesia Tentang Bedah Plastik

PANDANGAN  AGAMA  TERHADAP  MASALAH  KESEHATAN  DI  MASYARAKAT

Putu  Dedi  Prasetya
PANDANGAN  AGAMA  DI  INDONESIA TENTANG  BEDAH  PLASTIK
E-mail:  dediprasetya743@yahoo.com

Abstract
Background:  ita  realize  that  the  current  developments  in  science  that  does  not  stop  making  progress  and  sophistication  increasingly  unaffordable,  if  once  only  a  dream  now  everything  that  had  no  sense  has  been  in  real.  Human  traits  are  always  want  to  know  the  secrets  of  nature,  broke  it  and  then  seek  to  utilize  technology  in  order  to  improve  people's  lives  to  be  more  comfortable, more  fun.
Acceleration  of  the  development  of  science  and  technology  dewasaini,  has  a  very  broad  multi  implications.  Example  is  the  discovery  of  the  acceleration  of  the  development  of  technologies  of  plastic  surgery  in  which  there  is  much  disagreement  menenai  law.  Therefore,  in this  paper  we  will  discuss  the  issue  in  terms  of  medical  and  religious.

Formulation  of  the  problem:  analyzing  the  notion  of  plastic  surgery,  analyzing  religious  views  on  plastic  surgery.

Objective:  Improve  student  understanding  and  knowledge  of  plastic  surgery  tehadap  particular  religious  views  on  plastic  surgery,  so  that  students  are  able  to  know  the  terms  of  plastic  surgery,  so  that  students  are  able  to  know  the   religious  views  on  plastic  surgery  of  the  law,  so  that  students  are  able  to  learn  all  sorts  of  plastic  badah.

Benefits:  students  can  find  religious  views  on  plastic  surgery,  students  can  find  out  how  plastic  surgery,  students  can  determine  the  types  of  plastic  surgery .


Abstrak
Latar  belakang:  ita  menyadari  bahwa  terjadinya  arus  perkembangan  ilmu  pengetahuan  yang  tidak  terhenti  membuat  kemajuan  dan  kecanggihan  semakin  tidak  tidak  terjangkau,  jika  dulu  hanya  sebuah  mimpi  kini  segala  sesuatu  yang  dulu  tidak  masuk  akal  telah  berada  dalam  nyata.  Ciri  manusia  adalah  selalu  ingin  mengetahui  rahasia  alam,  memecahkannya  dan  kemudian  mencari  teknologi  untuk  memanfaatkannya  dengan  tujuan  memperbaiki  kehidupan  manusia  agar  lebih  nyaman,  lebih  menyenangkan. 
Akselerasi  perkembangan  ilmu  dan  teknologi  dewasaini,  memiliki  multi  implikasi  yang  sangat  luas.  Contoh  akselerasi  perkembangan  tersebut  ialah  ditemukannya  teknologi  bedah  plastik  yang  mana  terdapat  banyak  perbedaan  pendapat  menenai  hukumnya.  Karena  itu,  dalam  makalah  ini  kami  akan  membahas  mengenai  masalah  tersebut  ditinjau  dari  segi  medis  dan  agama.

Rumusan  masalah:  menganalisis  pengertian  bedah  plastik,  menganalisis  pandangan  agama  terhadap  bedah  plastik.

Tujuan:  Meningkatkan  pemahaman  dan  pengetahuan  mahasiswa  tehadap  bedah  plastik  khususnya  pandangan  agama  terhadap  bedah  plastik,  agar  mahasiswa  mampu  mengetahui  pengertian  bedah  plastik,  agar  mahasiswa  mampu  mengetahui  pandangan  agama  terhadap  bedah  plastik  mengenai  hukumnya,  agar  mahasiswa  mampu  mengetahui  macam-macam  badah  plastik

Manfaat:  mahasiswa  dapat  mengetahui  pandangan  agama  terhadap  bedah  plastik,  mahasiswa  dapat  mengetahui  bagaimana  bedah  plastik,  mahasiswa  dapat  mengetahui  jenis-jenis  bedah  plastik.




PENDAHULUAN
Bedah  plastik  adalah  suatu  cabang  ilmu  kedokteran  yang  bertujuan  untuk  merekonstruksi  atau  memperbaiki  bagian  tubuh  manusia  melalui  operasi  kedokteran.
Operasi  plastik  atau  dikenal  dengan  “plastik  surgery”  (dalam  inggris)  atau  dalam  bahasa  arab  biasa  disebut  dengan  “Jirahah  Tajmil”  adalah  bedah  yang  dilakukan  untuk  mempercantik  atau  memperbaiki  satu  bagian  didalam  anggota  badan,  baik  yang  nampak  ataupun  tidak  nampak  dengan  cara  dditambah,  dikurangi  bertujuan  untuk  memperbaiki  fungsi  dan  estetika  tubuh  (Al  mausu’ah  At-Thibbiyal  al-haditsah  Li  Majmu’ah 
minal  at-thibba,  Juz  3,  hlm  454,  cet.  Lajnah  An  Nasyr  Al-‘ilmi). 

  Tujuan  Bedah  Plastik
Pada  dasrnya  bedah  plastik  bertujuan  untuk  mempercantik  atau  memperbaiki  satu  bagian  di  dalam  anggota  badan  baik  yang  nampak  ataupun  tidak  nampak  dengan  cara  menambah  ataupun  mengurangi  bagian  tubuh  tersebut  sehingga  tubuh  tampak  lebih  indah.  Akan  tetapi  kebanyakan  orang  menggunakan  bedah  plastik  secara  sengaja  untuk  merubah  bentuk  tubuhnya  atau  agar  lebih  menarik.  Padahal  disisi  lain  tujuan  bedah  plastik  juga  digunakan  untuk  memperbaiki  kecacatan  fisik  dan  fungsi  organ  tubuh,  untuk  menyempurnakan  bentuk  anggota  tubuh  yang  secara  fisik  normal  dan  sehat  menjadi  indah.  Namun  seringkali  bedah  plastik  salah  dikaitkan  dengan  bedah  kulit,  padahal  ruang  lingkup  bedah  plastik  lebih  luas  dari  pada  sekedar  pembedahan  kulit  belaka.

Dampak  Negatif  Bedah  Plastik
Semua  operasi  plastik  selalu  meninggalkan  bekas  jahitan.
Ingatlah  bahwa  semua  operasi,  termasuk  operasi  plastik,  selalu  menggunakan  metode  pembedahan  yang  kemudian  harus  dijahit  kembali.  Ini  pasti  akan  meninggalkan  bekas.  Meskipun  kini  sudah  ada  teknik  yang  lebih  cangih  dalam  penjahitan  missal  dengan  jahitan  samar,  tetap  saja  yang  namanya  luka  di  jahit  pasti  menimbulkan  bekas.

Liposuction  (sedot  lemak)  tidak  akan  menghilangkan  selulit.
Operasi  sedot  lemak  memang  membuat  tubuh  kita  semakin  ramping,  terutama  bagian  tubuh  yang  membandel  terhadap  diet  dan  olahraga.  Namun  bila  kita  melakukan  sedot  lemak  itu  berarti  kita  mengurangi  cairan  dalam  tubuh  kita,  itu  berarti  bukan  membuat  selulit  dalam  tubuh  kita  hilang  akan  tetapi  kulit  tubuh  kita  semakin  berkerut.

Liposuction  dapat  menyebabkan  kematian  jika  cairan  yang  disedot  terlalu  banyak.
Menurut  dokter  ahli  bedah  plastic  di  Amerika  mengemukakan  bahwa  jumlah  lemak  yang  boleh  disedot  setiap  oprasi  sebanyak  6  pon,  bila  lebih  dari  itu  bisa  menyebabkan  fatal  pada  pasien.
Semua  operasi  plastik  akan  menimbulkan  rasa  sakit.
Tentunya  setiap  tindakan  bedah  plastic  akan  menimbulkan  rasa  sakit  karena  pembedahan  ataupun  menggunakan  sinar  laser.  Misalnya  operasi  membesarkan  atau  mengecilkan  payara,  penggunaan  sinar  laser  untuk  mengurangi  kerutan  diwajah.

Kegagalan  operasi  dapat  mengancam  nyawa.
Metode  dan  jenis  pembedahan  yang  dilakukan  okter  sangat  menentukan  keberhasilan  saat  pembedahan  juga  kesesuaian  prosedur  operasi,  jenis  operasi  ataupun  sterilisasi  alat  yang  digunakan. 

Kerusakan  dalam  organ  tubuh.
Tidak  semua  organ  tubuh  kita  bisa  dibedah  untuk  direkonstruksi,  karena  ada  beberapa  tempat  organ  tubuh  kita  yang  sangat  rawan  bila  kita  tetap  melakukan  pembedahan.  Missal  operasi  pembedahan  bokong  yang  akan  di  beri  silicon  untuk  memperbesar  bokong  sangat  tinggi  resikonya.  Bokong  sangat  rawan  karena  bokong  sering  kita  gunakan  untuk  duduk  dan  kemungkinan  silicon  yang  berupa  cairan  dalam  bokong  itu  akan  pecah  bila  kita  gunakan  duduk  secara  terus  menerus.  Juga  akan  mengakibatkan  silicon  bergeser  ketempat  yang  sering  kita  tidak  untuk  duduk.






Pandangan  Agama  Di  Indonesia  Tentang  Bedah  Plastik



Pandangan  Agama  Hindu  Tentang  Bedah  Plastik
Mengenai  bedah  plastik  atau  mengubah  tubuh,  dalam  ajaran  agama  Hindu  disebutkan  dalam  beberapa  wahyunya  yang  dituliskan  di  daun  lontar  yang  berjumlah  empat  helai  yaituYama  Purwa  TattwamYama  Purana  Tattwam,  Yama  Purwana  Tattwam,  dan  Yama  Tattwam.  Dikatakan  bahwa  Inti  yang  diuraikan  di  keempat  lontar  itu  berkenaan  tentang  pengertian  tentang  asal  tubuh  manusia,  setelah  kematian  dan  kewajiban  menjaga  tubuh  yang  merupakan  pinjaman.  Disebutkan  secara  jelas  bahwa  roh/atman  diberikan  pinjam  berupa  bandan  atau  tubuh  manusia  secara  lengkap  oleh  Sang  Hyang  Widhi  sejak  dari  embrio  (masih  dalam  kandungan)  sampai  tua  dan  mati  nanti
Setelah  meninggal  dunia  (artinya  roh  atau  atman  tidak  menggunakan  atau  lepas  dari    tubuh)  maka  badan  atau  tubuh  pinjaman  ini  harus  dikembalikan  dalam  keadaan  utuh  (masih  tetap  sama  seperti  bentuk  pertama  kali  dilahirkan  tanpa  kurang  sedikitpun)  kepada  Panca  Mahabhuta.
Pemahaman  mengenai  operasi  plastik  untuk  setiap  agama  pastilah  sama,  yakni  operasi  plastik  adalah  usaha  untuk  merubah  bentuk  tubuh  sebagian  atau  keseluruhan  pada  bagian  tubuh  tertentu  untuk  tujuan  pribadi  (kecantikan)  ataupun  merupakan  tindak  lanjut  dari  upaya  medis  (dengan  penyebab  yang  beraneka  ragam,  seperti  kecelakaan,  operasi  karena  kerusakan  beberapa  bagian  permukaan  tubuh  oleh  berbagai  penyebab,  dan  antisipasi  dari  beberapa  penyakit  yang  menyebabkan  amputasi).  Akan  tetapi  untuk  ajaran  agama  Hindu  sendiri,  telah  disebutkan  dengan  jelas  bahwa  larangan  untuk  mengubah  bentuk  tubuh  untuk  alasan  apapun  dilarang.  Para  pemeluknya  juga  diwajibkan  untuk  menjaga  keutuhan  tubuh  yang  dipinjamnya  dari  tuhan  mereka  dari  kecacatan  dengan  senantiasa  menjaga  kebersihan  dan  kesehatan  tubuh  juga  senantiasa  berhati-hati  dalam  melakukan  suatu  hal.  Bahkan  jika  perlu,  para  pemeluknya  ini  harus  senantiasa  memproteksi  diri  akan  hal-hal  yang  mungkin  akan  berakibat  pada  pengubahan  bentuk  tubuhnya.


Hukum  Agama  Hindu  Melakukan  Operasi  Plastik 
Dalam  penjelasan  sebelumnya,  disebutkan  hal-hal  yang  menjadi  dasar  bahwa  di  dalam  ajaran  agama  Hindu  melarang  secara  keras  para  pemeluknya  untuk  melakukan  perubahan  secara  fisik.  Di  dalam  kitabnya  telah  disebutkan  bahwa  hukum  merubah  bentuk  tubuh  sudah  sangat  jelas,  karena  para  pemeluk  agama  Hindu  percaya  bahwa  tubuh  atau  badan  merupakan  sesuatu  yang  dipinjam  dan  harus  dikembalikan  seperti  keadaan  awalnya  tanpa  ada  rubahan  maupun  cacat.  Sama  seperti  ketika  kita  berhutang  atau  meminjam  barang  dari  teman  atau  orang  lain.  Kita  harus  bertanggung  jawab  memelihara  dan  menjaga  barang  tersebut  agar  tetap  utuh  dalam  keadaan  yang  sama  seperti  saat  pertama  kali  lepas  dari  tangan  si  peminjam  sebelum  kita  akan  mengembalikan  ke  pemiliknya.   
Dari  pengertian  itu,  Umat  Hindu  juga  tidak  disarankan  untuk  mem-vermaak  tubuhnya,  dengan  di  sunat,  operasi  plastik,  di  tatto,  atau  menyumbangkan  organ-organ  tubuh  lainnya  seperti  ginjal,  dan  lain-lainSehingga  dapat  ditarik  kesimpulan  bahwa  operasi  plastik  tidak  diperbolehkan.  Bahkan  Bintal  Madeyang  merupakan  pemuka  agama  Hindu  di  pura  Vaikuntha  Vyomantara  Yogyakartamengatakan  operasi  plastik  termasuk  dalam  tingkatan  Maha  Petaka.  Maha  Petaka  sendiri  adalah  dosa  yang  paling  besar  di  dalam  ajaran  agama  Hindu.  Dan  dengan  demikian  operasi  plastik  dapat  disamakan  dengan  perilaku  membunuh.  Operasi  plastik  apabila  dilakukan  untuk  mempercantik  diri  seperti  memancungkan  hidung,  mengubah  warna  kulit,  dan  mengubah  jenis  kelamin  tentu  tidak  diperbolehkan.
Dalam  ajaran  agama  Hindu  sendiri  diajarkan  bahwa  kecantikan  yang  sejati  adalah  kecantikan  yang  berasal  dari  dalam  (inner  beauty).  Dan  pada  dasarnya  manusia  sudah  diciptakan  sebaik-baiknya,  tergantung  dari  manusia  itu  sendiri  merawat  dirinya.  Merawat  diri  yang  dimaksudkan  disini  adalah  perilaku  rajin  membersihkan  diri,  berpakaian  rapi,  bertata  krama  baik,  dengan  begitu  manusia  dapat  dikatakan  cantik  dan  sedap  dipandang,  karena  ada  sesuatu  dalam  dirinya  yaitu  kecantikan  dari  dalam.  Bintal  Made  menambahkan  sejelek-jeleknya  orang  apabila  ia  dapat  merawat  tubuhnya  dengan  baik,  pasti  cantiklah  orang  itu.  Tidak  ada  orang  yang  sama  persis  di  dunia  ini,  walaupun  orang  tersebut  adalah  anak  kembar    pasti  ada  perbedaannya.  Ada  orang  yang  cantik  wajahnya,  ada  yang  tidak,  ada  orang  yang  cantik  hatinya,  ada  juga  yang  tidak.  Itulah  yang  disebut  dengan  keadilan  Tuhan. 
Tuhan  tidak  mungkin  menciptakan  manusia  hanya  dengan  kekurangannya  saja.  Oleh  karena  itu  semua  orang  pasti  memiliki  kelebihan.  Dan  karena  keadilan  Tuhan  maka  apa  yang  telah  diberikan  Tuhan  kepada  manusia  adalah  sempurna,  dan  manusia  tidak  berhak  untuk  mengutak-atik  hal-hal  yang  sudah  sempurna  tersebut.  Namun,  ada  pula  pengecualian  untuk  operasi  plastik  dalam  agama  Hindu.  Apabila  operasiitu  dilakukan  untuk  memperbaiki  apa  yang  telah  diberikan  Tuhan  seperti  bibir  sumbing,  terkena  air  keras  atau  luka  bakar,  maupun  kecelakaan,  maka  operasi  plastik  semacam  ini  jelas  diperbolehkan.  Karena  operasi  tersebut  dilakukan  untuk  memperbaiki  dan  merawat  apa  yang  semestinya  baik.  Dan  dalam  agama  Hindu  pun  diajarkan  bahwa  kita  harus  merawat  diri  kita  termasuk  mengobati  luka  dan  cacat  akibat  kecelakaan.

Pandangan  Agama  Islam  terhadap  Bedah  Plastik 
Operasi  Ikhtiyariyah  (yang  sengaja  dilakukan)  Yaitu  operasi  yang  dilakukan  bukan  karena  alasan  medis,  namun  mutlak  hanya  hasrat  seseorang  dalam  memperindah  diri  dan  berlebih  –lebihan  didalam  menafsirkan  kata-kata  indah  itu.  Operasi  model  ini  terbagi  kepada  dua  bagian  yaitu  :
Operasi  yang  merubah  bentuk,  misalnya  seperti  :
-Memperindah  hidung,  seperti  membuatnya  lebih  mancung,  dan  lain-lain
-Memperindah  dagu,  dengan  meruncingkannya,  dan  lain-lain
-Memperindah  payudara  dengan  mengecilkannya  jika  terlalu  besar  atau  membesarkannya  dengan  suntik  silicon  atau  dengan  menambah  hormon  untuk  memontokkan  payudara  dengan  berbagai  cara  yang  telah  ditemukan.
-Memperindah  kuping
-Memperindah  perut  dengan  menghilangkan  lemak  atau  bagian  yang  lebih  dari  tubuh
Operasi  yang  mengawetkan  umur,  misalnya  seperti  :
   -Memperindah  wajah  dengan  menghilangkan  kerutan  yang  ada  dengan  skaler  atau  alat  lainnya
-Memperindah  kulit  dengan  mengangkat  lemak  yang  ada  dan  membentuk  wajah  dengan  apa  yang  dikehendaki
-Memperindah  kulit  tangan  dengan  menghilangkan  kerut  seolah  kulit  masih  padat  dan  muda
-Memperindah  alis,  baik  dengan  mencukurnya  agar  nampak  lebih  muda.
mungkin  ini  menurut  penulis  bagian-bagian  yang  sering  kita  temui  dan  yang  paling  umum;  para  ulama  berbeda  pendapat  mengenai  hukum  operasi  plastik  ini  :
Kebanyakan  ulama  hadits  berpendapat  bahwa  tidak  boleh  melakukan  operasi  ini  dengan  dalil  diantaranya  sebagai  berikut:
Allah  berfirman  (“Allah  telah  melaknatnya.  setan  berkata,  “sungguh  akan  kutarik  bagian  yang  ditentukan  dari  hamba-hamabaMu.  dan  sungguh  akan  kusesatkan  mereka,  dan  akan  kubangkitlan  angan-angan  kosong  mereka,  dan  aku  suruh  mereka  memotong  telinga  binatang  ternak  lalu  mereka  benar-benar  memotongnya,  dan  aku  akan  suruh  mereka  (merobah  ciptaan  Allah),  lalu  mereka  benar-benar  merobahnya.  dan  barangsiapa  yang  menjadikan  setan  sebagai  pelindung  maka  sungguh  dia  telah  merugi  dengan  kerugian  yang  nyata”  [Q.S  An-Nisaa’  ayat118-119]
Ayat  ini  menjelaskan  kepada  kita  dengan  konteks  celaan  dan  haramnya  melakukan  pengubahan  pada  diri  yang  telah  diciptakan  Allah  dengan  sebaik-baik  penciptaan,  karena  mengikuti  akan  hawa  nafsu  dan  keinginan  syaitan  yang  dilaknat  Allah.
Diriwayatkan  dari  Imam  Bukhari  dan  Muslim  Ra.  dari  Abdullah  ibn  Mas’ud  Ra.beliau  pernah  berkata  “”Allah  melaknat  wanita-wanita  yang  mentato  dan  yang  meminta  untuk  ditatokan,  yang  mencukur  (menipiskan)  alis  dan  yang  meminta  dicukur,  yang  mengikir  gigi  supaya  kelihatan  cantik  dan  merubah  ciptaan  Allah.”  (H.R  Bukhari)[  dari  hadits  ini,  dapat  diambil  sebuah  dalil  bahwa  Allah  Swt.  melaknat  mereka  yang  melakukan  perkara  ini  dan  mengubah  ciptaan-Nya.
Dari  Asmaa,  bahwa  ada  seorang  perempuan  yang  mendatangi  Rasulullah  Saw.  dan  berkata,  ”  Wahai  Rasululllah,  dua  orang  anak  perempuan  ku  akan  menjadi  pengantin,  akan  tetapi  ia  mengadu  kepadaku  bahwa  rambutnya  rontok,  apakah  berdosa  jika  aku  sambung  rambutnya?”,  maka  Rasulullah  pun  menjawab,  “Sesungguhnya  Allah  melaknat  perempuan  yang  menyambung  atau  minta  disambungkan  (rambutnya)”
Hadits  ini  dengan  jelas  mengatakan  bahwa  haram  hukumnya  bagi  orang  yang  menyambung  rambutnya  atau  istilah  sekrang  dikenal  dengan  konde  atau  wig  dan  jauh  dari  rahmat  Allah  Swt.
Qias,  Untuk  melengkapi  pendapat  ini,maka  akan  saya  coba  menggunakan  qias  dan  akal.  Operasi  plastik  semacam  ini  tidak  dibolehkan  dengan  meng-qias  larangan  Nabi  Saw.  terhadap  orang  yang  menyambung  rambutnya,  tattoo,  mengikir  (menjarangkan)  gigi  atau  apa  saja  yang  berhubungan  dengan  perubahan  terhadap  apa  yang  telah  diciptakan  Allah  Swt.
Secara  akal  kita  akan  menyangka  bahwa  orang  itu  kelihatannya  indah  dan  cantik  akan  tetapi,  ia  telah  melakukan  operasi  plastik  pada  dirinya,  perbuatan  ini  sama  dengan  pemalsuan  atau  penipuan  terhadap  dirinya  sendiri  bahkan  orang  lain,  adapun  hukumnya  orang  yang  menipu  adalah  haram  menurut  syara’.
Begitu  juga  dengan  bahaya  yang  akan  terjadi  jika  operasi  itu  gagal,  bisa  menambah  kerusakan  didalam  tubuhnya  dan  sedikit  sekali  berhasilnya,  apapun  caranya  tetap  membahayakan  dirinya  dan  ini  tidak  sesuai  dengan  hukum  syara’,  sesuai  dengan  firman  Allah  yang  berbunyi  (wallahu  ‘alam)”Jangan  bawa  diri  kalian  dalam  kerusakan”
Setelah  kita  perhatikan  dalil-dalil  diatas  dengan  seksama,  maka  jelaslah  bahwa  operasi  plastik  itu  diharamkan  menurut  syara’  dengan  keinginan  untuk  mempercantik  dan  memperindah  diri,  dengan  kesimpulan  sebagai  berikut:
1.  Operasi  plastik  merubah  ciptaan  Allah  Swt
2.  Adanya  unsur  pemalsuan  dan  penipuan
3.  Dari  sisi  lain,  bahwa  negatifnya  lebih  banyak  dari  manfaatnya,  karena  bahaya  yang  akan  terjadi  sangat  besar  apabila  operasi  itu  gagal,  bisa  menyebabkan  kerusakan  anggota  badan  bahkan  kematian.
4.  Syarat  pembedahan    yang  dibenarkan  Islam;  memiliki  keperluan  untuk  tujuan  kesehatan  semata-mata  dan  tiada  niat  lain,  diakui  doktor  profesional  yang  ahli  dalam  bidang  itu  bahwa  pembedahan  akan  berhasil  dilakukan  tanpa  risiko,  bahaya  dan  mudarat.
5.  Untuk  pemakaian  kosmetik,  disyaratkan  kandungannya  halal,  tidak  dari  najis  (kolagen  /  plasenta)  dan  tidak  berlebihan  (tabarruj)  akan  tetapi  behias  ini  sangat  di  tekankan  bagi  mereka  yang  ingin  menyenangkan  suaminya.
Allah  SWT  tidak  lah  menciptakan  makhluknya  dengan  sia-sia,  “Yang  telah  menciptakan  kamu  lalu  menyempurnakan  kejadianmu  dan  menjadikan  (susunan  tubuh)mu  seimbang.  Dalam  bentuk  apa  saja  yang  Dia  kehendaki,  Dia  menyusun  tubuhmu.”  [Q.S  Al-Infithaar  ayar  7-8]
Sesungguhnya  Allah  Swt.  Menciptakan  kalian  dalam  keadaan  sempurna  dan  seimbang  satu  sama  lainnya  dengan  sebaik-baik  penciptaan.  “Sesungguhnya  Kami  telah  menciptakan  manusia  dalam  bentuk  yang  sebaik-baiknya  .”  [Q.S  At-Tiin  ayat  4]
Sudah  sepantasnya  kita  sebagai  makhluk  Allah  mensyukuri  apa-apa  yang  telah  diberikan  kepada  kita.

Hukum  Agama  Islam  Operasi  Plastik
Hukum  operasi  plastik  ada  yang  mubah  dan  ada  yang  haram.  Operasi  plastik  yang  mubah  adalah  yang  bertujuan  untuk  memperbaiki  cacat  sejak  lahir  (al-uyub  al-khalqiy\yah)  seperti  bibir  sumbing,  atau  cacat  yang  datang  kemudian  (al-uyub  al-thari`ah)  akibat  kecelakaan,  kebakaran,  atau  semisalnya,  seperti  wajah  yang  rusak  akibat  kebakaran/kecelakaan.  (M.  Al-Mukhtar  asy-Syinqithi,  Ahkam  Jirahah  Al-Thibbiyyah,  hal.  183;  Fahad  bin  Abdullah  Al-Hazmi,  Al-Wajiz  fi  Ahkam  Jirahah  Al-Thibbiyyah,  hal.  12;  Hani`  al-Jubair,  Al-Dhawabith  al-Syariyyah  li  al-Amaliyyat  al-Tajmiiliyyah,  hal.  11;  Walid  bin  Rasyid  as-Saidan,  Al-Qawaid  al-Syariyah  fi  al-Masa`il  Al-Thibbiyyah,  hal.  59).
        Selain  itu,  terdapat  hadis  Nabi  SAW  yang  melaknat  perempuan  yang  merenggangkan  gigi  untuk  kecantikan  (al-mutafallijat  lil  husni).  (HR  Bukhari  dan  Muslim).  Dalam  hadis  ini  terdapat  illat  keharamannya,  yaitu  karena  untuk  mempercantik  diri  (lil  husni).  (M.  Utsman  Syabir,  Ahkam  Jirahah  At-Tajmil  fi  Al-Fiqh  Al-Islami,  hal.  37).  Imam  Na                  Operasi  plastik  untuk  memperbaiki  cacat  yang  demikian  ini  hukumnya  adalah  mubah,  berdasarkan  keumuman  dalil  yang  menganjurkan  untuk  berobat  (al-tadawiy).  Nabi  SAW  bersabda,"Tidaklah  Allah  menurunkan  suatu  penyakit,  kecuali  Allah  menurunkan  pula  obatnya."  (HR  Bukhari,  no.5246).  Nabi  SAW  bersabda  pula,"Wahai  hamba-hamba  Allah  berobatlah  kalian,  karena  sesungguhnya  Allah  tidak  menurunkan  satu  penyakitkecuali  menurunkan  pula  obatnya."  (HR  Tirmidzi,  no.1961).
                Adapun  operasi  plastik  yang  diharamkan,  adalah  yang  bertujuan  semata  untuk  mempercantik  atau  memperindah  wajah  atau  tubuh,  tanpa  ada  hajat  untuk  pengobatan  atau  memperbaiki  suatu  cacat.  Contohnya,  operasi  untuk  memperindah  bentuk  hidung,  dagu,  buah  dada,  atau  operasi  untuk  menghilangkan  kerutan-kerutan  tanda  tua  di  wajah,  dan  sebagainya.
              Dalil  keharamannya  firman  Allah  SWT  (artinya)  :  "dan  akan  aku  (syaithan)  suruh  mereka  (mengubah  ciptaan  Allah),  lalu  benar-benar  mereka  mengubahnya".  (QS  An-Nisaa`  :  119).  Ayat  ini  datang  sebagai  kecaman  (dzamm)  atas  perbuatan  syaitan  yang  selalu  mengajak  manusia  untuk  melakukan  berbagai  perbuatan  maksiat,  di  antaranya  adalah  mengubah  ciptaan  Allah  (taghyir  khalqillah).  Operasi  plastik  untuk  mempercantik  diri  termasuk  dalam  pengertian  mengubah  ciptaan  Allah,  maka  hukumnya  haram.  (M.  Al-Mukhtar  asy-Syinqithi,  Ahkam  Jirahah  Al-Thibbiyyah,  hal.  194).
wawi  berkata,"Dalam  hadis  ini  ada  isyarat  bahwa  yang  haram  adalah  yang  dilakukan  untuk  mencari  kecantikan.  Adapun  kalau  itu  diperlukan  untuk  pengobatan  atau  karena  cacat  pada  gigi,  maka  tidak  apa-apa."  (Imam  Nawawi,  Syarah  Muslim,  7/241).  Maka  dari  itu,  operasi  plastik  untuk  mempercantik  diri  hukumnya  adalah  haram. 

Bedah  Plastik  Dalam  Pandangan  Buddha  (Buddhisme)
Bedah  plastik  menurut  Buddha  (Buddhisme),  hal  ini  tidak  melanggar  sila  sepanjang  memiliki  tujuan  yang  positif  atau  bukan  untuk  penipuan.  Contohnya:  penjahat  kabur  kemudian  mengubah  wajahnya  dengan  tujuan  orang  tidak  mengenal  lagi  sehingga  ia  lolos  dari  kejahatannya.  Dalam  agama  Buddha,  wanita  yang  mengubah  kelamin  menjadi  pria  tidak  diperkenankan  untuk  menjadi  bhikkhu.  Selain  itu  pandangan  agama  Buddha  setuju  apabila  bedah  plastik  untuk  pengobatan,  misalnya:  bibir  sumbing,  luka  bakar,  atau  penyakit  kulit  yang  akibat  dari  kecelakaan  maupun  bawaan  sejak  lahir  melainkan  bukan  agar  kelihatan  awet  muda  terus.
Buddhisme  tidak  melarang  bedah  plastik,  tetapi  apabila  kita  melakukan  bedah  untuk  tujuan  mempercantik  diri  berarti  itu  kurang  sesuai  dengan  ajaran  Buddha,  karena  hal  tersebut  telah  muncul  Lobha  (keserakahan/  melekat  pada  objek).  Jika  bedah  plastik  itu  berjalan  dengan  lancar  dan  hasilnya  bagus,  kita  akan  semakin  melekat  padanya.  Tetapi  apabila  bedah  plastik  itu  tidak  berjalan  dengan  lancar  atau  hasilnya  menjadi  buruk  dari  yang  sebelumnya,  maka  akan  menimbulkan  Dosa  (kebencian/menolak  objek).  Apabila  hal  tersebut  sudah  terjadi  maka  akan  timbul  Moha  (kebodohan  batin)  yang  selalu  mengikutinya.
Dalam  Brahma  Viharapharana,  Buddha  mengajarkan  kita  bahwa  “Semua  makhluk  adalah  pemilik  perbuatan  mereka  sendiri,  terwarisi  oleh  perbuatan  mereka  sendiri,  lahir  dari  perbuatan  mereka  sendiri,  berkerabat  dengan  perbuatan  mereka  sendiri,  tergantung  pada  perbuatan  mereka  sendiri.  Perbuatan  apa  pun  yang  mereka  lakukan,  baik  atau  buruk;  perbuatan  itulah  yang  akan  mereka  warisi”  (Parita  Suci,  Yayasan  Sangha  Theravada  Indonesia:  40).  Dengan  demikian  kita  tahu  bahwa  dalam  ajaran  agama  Buddha,  baik  atau  buruknya  kondisi  pada  kehidupan  ini  merupakan  akibat  dari  karma  masa  lampau  (baik  atau  buruk).  Tetapi  untuk  memperbaiki  karma  yang  kurang  baik,  misalnya:  memiliki  wajah  yang  kurang  cantik,tidak  tampan,  kulit  hitam,  dan  sebagainya;  bukan  dengan  cara  bedah  plastik  walupun  sebenarnya  memiliki  kesehatan  jasmani  dan  rohani,  melainkan  memperbaiki  perbuatan  kita  agar  sesuai  ajaran  yang  benar.  Seperti  yang  tertulis  dalam  Dhammapada  ayat  262  yang  tertulis  “Bukan  karena  wajahnya  yang  tampan  yang  menandakan  seseorang  dapat  menyebut  dirinya  orang  baik  apabila  ia  masih  bersifat  iri,  kikir  dan  suka  menipu”.  Jadi  yang  diutamakan  dalam  agama  Buddha  adalah  jiwa  yang  baik.

Pandangan  Agama  Kristen  Protestan  terhadap  Bedah  Plastik
Menurut  beberapa  teolog  menyatakan  bahwa  yesus  mengkaburkan  pembedaan  antara  budaya  Taurat  (2:27-3:6),  adat  istiadat  (Folk  Culture,  7:1-23)  dengan  budaya  populer  yang  didiskriminasi  oleh  elit  masyarakatnya.  Orang  kusta  yang  dimarjinalkan,  perempuan  pendarahan  karena  haid  sebagai  ‘cerita  ditengah  cerita’  (5;21-43).  Markus  menunjukan  kontras  antara  orang-orang  dalam  gereja  yakni  keluarga  dan  kerabat  Yairus  dengan  seorang  perempuan  yang  tersisih  dari  pusat  keimanannya  (bait  Tuhan)  akibat  budaya  Taurat  yang  tidak  manusiawi  pada  praktiknya  (imamat15:25).
Perspektif  Alkitab
Subyek  perangkat  tambahan  kosmetik  hanya  samar-samar  disebutkan  dalam  Alkitab.  Untungnya  bahwa  tidak  adanya  intruksi  langsung  tidak  meninggalkan  kita  tak  berdaya.  Seperti  setiap  area  kehidupan  yang  lain,  Allah  telah  memberikan  prinsip-prinsip  yang  diperlukan  yang  akan  memandu  melalui  keputusan  pribadi  tentang  kosmetik  meningkatkan  prosedur  ekstrim  atau  sebaliknya.
Prinsip  1  Tubuh  saya  bukan  milik  saya,  tetapi  kepada  Allah.  Setiap  kali  kita  menganggap  tubuh  dan  bagaimana  mengobatinya,  kita  harus  mulai  dengan  kenyataan  bahwa,  sebagai  orang  kristen,  tubuh  kita  milik  Allah  dan  harus  digunakan  hanya  untuk  membawa  dia  kehormatan.  Karena  tubuh  saya  tidak  lagi  milik  saya,  saya  harus  memperlakukannya  seolah-olah  barang  berharga  pinjaman  dari  teman.  Itu  berarti  saya  akan  berkonsultasi  dengan  pemilik  sebelum  saya  melakukan  sesuatu  untuk  mengubahnya.
Prinsip  2  dengan  fokus  saya  pada  menyenangkan  Tuhan,  aku  bisa  membuat  pilihan  yakin  tentang  penampilan  saya.
Dengan  harga  diri-ku  berlabuh  di  siapa  saya  dalam  kristus,  aku  bisa  melanjutkan  maju  dalam  membuat  pilihan  yang  bijak  tentang  penampilan  saya  serta  keputusan  probadi  lainnya.  Saya  bisa  tahu  bahwa  usaha  saya  untuk  mempercantik  wajah  dan  tubuh  saya  tidak  berusaha  untuk  mendapatkan  nilai  dan  nilai,  tetapi  hanya  untuk  menjadi  yang  terbaik  yang  saya  bisa.
Prinsip  3  Tuhan  terbaik  hati  mengijinkan  saya  untuk  membuat  pilihan  pribadi,  tapi  saya  diharapkan  untuk  membuat  keputusan  yang  bijaksana  dan  saleh  yang  membedakan  saya  dari  dunia.
Alkitab  menganjurkan  bahwa  sebagai  penerima  anugerah  Tuhan,  aku  bisa  membuat  keputusan  pribadi  dengan  hati  nurani  yang  bersih.  Saya  tidak  perlu  resah  atas  menyenangkan  Allah  jika  aku  kebetulan  mengacaukan.  “Tapi”  dalam  Titus  2:11-12,  saya  teringat  itu  anugerah  Allah  adalah  hal  yang  snagta  mengajarkan  saya  untuk  “mengatakan  “Tidak”  untuk  nafsu  kefasikan  dan  duniawi,  dan  hidup  mengendalikan  diri,  tegak  dan  saleh  dikehidupan  zaman  sekarang.  “prinsip  ini  menuntun  saya  untuk  melihat  bahwa  sementara  aku  memiliki  kebebasan  dalam  Kristus,  bahwa  kebebasan  tidak  pernah  digunakan  dengan  cara  yang  akan  menodai  saya  chrishtian  kesaksian.  Itu  tidak  berarti  saya  akan  harus  memutuskan  terhadap  prosedur  kosmetik  tertentu,  tetapi  ini  berarti  saya  harus  mempertimbangkan  bagaimana  beberapa  prosedur  dapat  mempengaruhi  hubungan  saya  dan  keefektifan  saya  sebagai  saksi.
Prinsip  4  fokus  saya  seharusnya  pada  wanita  batin  saya.  Alkitab  menjelaskan  bahwa  tuhan  lebih  tertarik  pada  hati  yang  indah  daripada  kepala  indal  ikal.  Dalam  1  Samuel,  Daud  diangkat  menjasi  raja  bukan  tingginya,  saudara  tampan  karena  daud  memiliki  hati  untuk  Tuhan.  Dan  dalam  1  Petrus,  wanita  diingatkan  untuk  lebih  berupaya  untuk  mengembangkan  dan  tenang  roh  lemah  lembut  daripada  kecantikan  luar.  Namun,  bagian  kedua  untuk  menunjukkan  tidak  ada  yang  salah  dengan  penampilan  yang  indah  atau  perawatan  eksternal.  Daud  dikatakan  telah  memiliki  “penampilan  yang  bagus  dan  fitur  tampan”  (  1  Samuel  16:12)  dan  Petrus  menunjukkan  bahwa  beberapa  perhiasan  keluar  adalah  noema.  Prinsip  disini  adalah  sementara  perhiasan  dan  kecantikan  luar  baik-baik  saja,  mereka  tidak  boleh  menjadi  apa  yang  membuatku.  Jika  saya  menghabiskan  lebih  banyak  uang,  waktu,  dan  usaha  mengembangkan  keindahan  diluar  saya  daripada  perempuan  batin  saya,  saya  harus  memikirkan  kembali  prioritas  saya. 
Jika  anda  seorang  percaya  dalam  Yesus  kristus,  Allah  telah  memberikan  roh  Kudus-Nya  untuk  membantu  anda  menjalani  hidup  sesuai  dengan  rencana  yang  sempurna,  membuat  keputusan  Ilahi  dijalan.  Mengapa  tidak  mengucapkan  doa  sederhana  untuk  menyetel  ke  Tuhan  dan  dengan  iman  mengundang  dia  untuk  memberdayakan  anda  dengan  Roh-Nya.
Bapa,  saya  memerlukan  Dikau.  Saya  mengakui  bahwa  saya  telah  berdosa  terhadap  Engkau  dengan  mengarahkan  hidup  saya  sendiri.  Saya  berterimakasih  kepada  Anda  bahwa  Anda  telah  diampuni  dosa-dosa  saya  melalui  kematian  kristus  di  kayu  salib  untuk  saya.  Sekarang  saya  mengundang  Kristus  untuk  kembali  mengambil  tempat-Nya  diatas  takhta  hidup  saya.  Penuhilah  aku  dengan  Roh  kudus  seperti  engkau  memerintahkan  saya  untuk  diisi,  dan  sebagai  Anda  dijanjikan  di  Your  Word  yang  akan  anda  lakukan  jika  saya  bertanya  dalam  iman.  Aku  berdoa  ini  dalam  nama  yesus  sebagai  ungkapan  iman  saya,  saya  berterimakasih  untuk  mengarahkan  hidup  saya  dan  untuk  mengisi  saya  dengan  roh  kudus.  Asmin.

Pandangan  Agama  Katolik  Tehadap  Operasi  Plastik
Bedasarkan  beberapa  kitab  dapat  disimpulkan  bahwa  bedah  plastik  diperbolehkan  dalam  agama  katolik,  jika  untuk  langkah  penyembuhan  entah  secara  fisik  untuk  merekonstruksi  bagian  tubuh  akibat  cacat  bawaan  atau  kecelakaan.  Tentu  asalkan  prosedurnya  tidak  menimbulkan  reskiko  kerusakan  pada  tubuh  setelah  pembedahan.
Namun  bedah  plastik  tidak  dapat  diizinkan  jika  itu  merusak  kebaikan  lebih  besar  daripada  apa  yang  dapat  dicapai,  dan  apabila  tujuan  dan  prosedurnya  secara  mendasar  tidak  dapat  diterima  secara  moral,  seperti  transgender/  ganti  jenis  kelamin.
Tanggapan  di  berikut  memang  bukan  tanggapan  yang  baku,  karena  tidak  ada  dokumen  Gereja  Katolik  yang  secara  tegas  mengatur  hal  bedah  kosmetik.  Namun  semoga  dengan  prinsip  dasar  di  atas,  kita  dapat,  dengan  hati  nurani  yang  bersih  menentukan  penilaian  tentang  hal  ini,  sesuai  dengan  keadaan  dan  kasusnya.  Dengan  prinsip  ini,  silakan  sang  dokter  dan  calon  pasiennya  itu  menilai,  dengan  hati  nuraninya  masing-masing,  apakah  tindakan  operasi  kosmetik  itu  dapat/  layak  dilakukan.
KGK  2288        Kehidupan  dan  kesehatan  merupakan  hal-hal  yang  bernilai,  yang  dipercayakan  Tuhan  kepada  kita.  Kita  harus  merawatnya  dengan  cara  yang  bijaksana  dan  bersama  itu  juga  memperhatikan  kebutuhan  orang  lain  dan  kesejahteraan  umum....
KGK  2289        Memang  ajaran  susila  menuntut  menghormati  kehidupan  jasmani,  tetapi  ia  tidak  mengangkatnya  menjadi  nilai  absolut.  Ia  [ajaran  susila]  melawan  satu  pendapat  kafir  baru,  yang  condong  kepada  pendewaan  badan,  mengurbankan  segala  sesuatu  untuknya  dan  mendewakan  keterampilan  badan  dan  sukses  di  bidang  olahraga….
KGK  2293        ….Ilmu  pengetahuan  dan  teknik  merupakan  sarana-sarana  yang  bernilai  kalau  mengabdi  kepada  manusia  dan  memajukan  perkembangannya  secara  menyeluruh  demi  kebahagiaan  semua  orang  …Ilmu  pengetahuan  dan  teknik  ditujukan  kepada  manusia,  olehnya  mereka  diciptakan  dan  dikembangkan;  dengan  demikian  mereka  menemukan,  baik  kesadaran  mengenai  tujuannya  maupun  batas-batasnya,  hanya  di  dalam  pribadi  manusia  dan  nilai  susilanya.
KGK  2294        Pendapat  bahwa  penelitian  ilmiah  dan  pemanfaatannya  adalah  bebas  nilai,  merupakan  satu  ilusi.  Juga  kriteria  untuk  pengarahan  penelitian  tidak  dapat  begitu  saja  disimpulkan  secara  sempit  dari  daya  guna  teknis  atau  dari  manfaatnya,  yang  dinikmati  oleh  yang  satu  sambil  merugikan  yang  lain;  atau  lebih  lagi  tidak  bisa  disimpulkan  dari  ideologi  yang  berlaku.  Ilmu  pengetahuan  dan  teknik  sesuai  dengan  artinya  menuntut  penghormatan  mutlak  akan  nilai-nilai  dasar  moral.  Mereka  harus  melayani  manusia,  hak-haknya  yang  tidak  boleh  diganggu  gugat,  kebahagiaannya  yang  benar  dan  menyeluruh,  sesuai  dengan  rencana  dan  kehendak  Allah.





SIMPULAN


Operasi  Bedah  Plastik  adalah  merubah  bentuk  tubu,  bedah  plastik  akan  dilakukan  untuk  mempercantik  diri  dan  memperbaiki  bagian  tubuh.  Dalam  pandangan  ajaran  agama  di  indonesia  bedah  plastik  boleh  dilakukan  apa  bila  bedah  plastik  di  lakukan  untuk  mermperbaiki  tubuh  dengan  alasan  untuk  penyembuhan  atau  pengobatan  cacat  yang  dialami  yaitu  cacat  tabrakan  maupun  cacat  dari  baru  lahir.  Dimana  operasi  bedah  plastik  dilarang  apa  bila  untukn  mempercantik  diri  atau  memperindah  diri,  hal  ini  dilarang  karena  kita  sebagai  manusia  hidup  cuman  meminjam  tubuh,  apa  yang  kita  peroleh  itu  yang  harus  kita  kembalikan.  Semasih  kita  hidup  di  dunia  ini  kita  harus  menjaga  tubuh  yang  di  berikan  kepada  tuhan  dengan  baik.




DAFTAR  KAJIAN
Ikhwan,  2009,  Hukum  Operasi  Plastik  dalam  Pandangan  Islam,  http://ikhwan-nul-islam.abatasa.com/post/detail/4607/hukum-operasi-plastik-dalam-pendangan-islam-2009,  11122012  jam  10.20
            Indonesia  sehat,  2011,  bedah  plastik  dalam  pandangan  islam,
Q.S  Al-Maidah  :  32

Q.S  An-Nisa  :  118
Stefanus,  et  al,  2012,  Pandangan  Gereja  Katolik  tentang  Bedah  Kosmetik,  http://katolisitas.org/8776/apa-pandangan-gereja-katolik-tentang-bedah-kosmetik,  11122012  jam  10.20
Sukriyah,  2012,  Makalah  Operasi  Plastik,
Yevita,  2012,  Pandangan  Agama  Terhadap  Masalah  dan  Tindakan,
  http://yevitadiaries.wordpress.com/2012/04/07/pandangan-agama-terhadap-masalah-dan-tindakan/,  11122012  jam  10.10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar